“ MERINTIS BISNIS TOKO AKSESORIS

PENYUSUNAN STUDI KELAYAKAN BISNIS

“ MERINTIS BISNIS TOKO AKSESORIS “

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

  1. A.     Latar Belakang

Adanya banyak peluang yang tersedia untuk membuka suatu usaha atau suatu bisnis baru, memunculkan suatu gagasan, keyakinan dan niat untuk merintis suatu usaha baru untuk ditekuni. Hal ini disebabkan karena tersedianya peluang yang masih terbuka luas, adanya bahan – bahan yang mudah didapatkan, mudah dalam pengerjaannya serta harga yang relatif terjangkau.

Peluang untuk merintis usaha baru yang masih terbuka lebar terutama suatu usaha dalam hal pernak – pernik perempuan seperti aksesoris, membulatkan tekad untuk mulai merintis toko aksesoris tersebut.

Aksesoris merupakan suatu pernak – pernik atau hiasan yang biasanya sering dipakai oleh seorang perempuan dengan tujuan untuk mempercantik dirinya atau agar terlihat lebih menarik. Oleh karena itu banyak sekali perempuan yang tertarik dan berminat untuk mengkoleksi aksesoris – aksesoris yang lucu, unik dan model yang bagus.

Adaberbagai macam aksesoris – aksesoris yang sering digunakan, seperti anting, gelang, kalung, bros, jepit rambut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Oleh karena aksesoris banyak diminati, disukai dan digemari banyak orang, merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang diharapkan dapat mendatangkan keuntungan yang cukup lumayan bagi pemiliknya. Hal ini dikarenakan, aksesoris banyak diminati oleh sebagian besar perempuan sehingga permintaan akan barang aksesoris tersebut juga banyak. Sedangkan yang membuka usaha aksesoris tersebut kurang begitu banyak.

Berdasarkan adanya faktor – faktor di atas seperti adanya peluang, tersedianya bahan – bahan, sedikit pesaing dan banyak diminati, maka merintis suatu usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu pilihan usaha yang cukup tepat. Dengan memproduksi barang yang unik, lucu dan model yang bagus serta harga yang relatif terjangkau, maka akan dapat menarik minat banyak orang untuk membeli.

 

  1. B.     Tujuan

Tujuan merintis usaha baru berupa toko aksesoris adalah sebagai berikut :

  1. Membuka lapangan kerja baru
  2. Memanfaatkan peluang dan bahan – bahan yang tersedia

 

  1. C.     Visi dan Misi
    1. Mengurangi jumlah pengangguran yang semakin banyak
    2. Menciptakan kreativitas dalam memproduksi barang
    3. Meningkatkan kemampuan dalam berwirausaha

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB II

PROFIL PENGUSAHA

 

Nama                                       : Siti Wahyu A. N

Tempat, Tanggal Lahir  : Boyolali, 10 Oktober 1989

Agama                                     : Islam

Alamat Rumah              : Karang Boyo RT 03/ RW 03, Mudal, Boyolali

No Telp                                   : 085 640 712 901

Pendidikan Terakhir                  : SMA

Jenis Bidang Usaha                   : Toko Aksesoris

Bentuk Badan Usaha                : Toko kecil

Nama Perusahaan                     : Moety Aksessoris

Alamat Perusahaan                   : Jl. Menco, Nilasari Baru, Pabelan, Kartasura

Riwayat Pendidikan                  :

  1. TK MI Bekuning
  2. SD Negeri Mudal 1
  3. SMP Negeri 3 Boyolali
  4. SMA Negeri 2 Boyolali

 

 

 

BAB III

PROYEK YANG DIUSULKAN

 

  1. A.     Proyek yang diusulkan
    1. 1.      Sifat Investasi

Usaha yang dirintis ini merupakan suatu usaha atau bisnis yang baru akan di buka yaitu berupa sebuah toko yang menjual aksesoris. Sehingga usaha ini merupakan suatu usaha yang tergolong masih baru, meskipun di luarsanasudah ada usaha – usaha lain yang serupa dengan usaha yang baru akan dirintis oleh penulis. Tetapi meskipun begitu, usaha yang akan dirintis ini bisa diterima pasar, banyak peminatnya dan akan bisa berkembang dengan baik.

  1. 2.      Jenis produk

Usaha yang dirintis ini merupakan usaha atau bisnis yang bergerak di bidang aksesoris perempuan, sehingga jenis – jenis produk yang akan dijual disini adalah semua hal yang berhubungan dengan aksesoris perempuan, baik aksesoris untuk anak kecil, remaja maupun untuk orang dewasa.

Produk utama yang akan dijual dan yang akan menjadi andalan adalah, seperti :

  1. Anting
  2. Gelang
  3. Kalung
  4. Bros

Selain produk utama seperti yang disebutkan di atas, masih ada produk sampingan yang lainnya, seperti :

  1. Cincin
  2. Jepit rambut
  3. Bando
  4. Slayer
  5. Ikat pinggang
  6. Dompet
  7. Tas kecil
  8. Sisir
  9. Kaca rias
  10. Aksesoris untuk HP
  11. dll

 

  1. B.     Aspek Teknis
    1. 1.      Jenis dan Jumlah Produk

Usaha atau bisnis baru ini bergerak di bidang aksesoris perempuan, sehingga jenis produk yang akan dijual itu merupakan semua hal yang berhubungan dengan pernak – pernik perempuan. Jenis produk yang akan dijual beraneka ragam, ada produk utama dan produk sampingan. Produk utama dari usaha ini adalah anting, gelang, kalung dan bros. Sedangkan produk sampingannya adalah cincin, jepit rambut, bando dan yang lainnya seperti yang telah disebutkan di atas.

  1. 2.      Lokasi

Toko aksesoris ini terletak di Jl Menco, Nilasari Baru, Pabelan, Kartasura. Daerah ini merupakan daerah yang cukup strategis untuk membuka usaha baru. Karena daerah tersebut terletak tidak jauh dari area kampus dan juga dekat dengan kost – kost mahasiswa. Sehingga diharapkan akan dapat menarik banyak peminat dan pembeli.

  1. 3.      Bangunan

Toko aksesoris yang akan dirintis ini, akan dibuka di daerah yang strategis. Hal pertama yang akan dilakukan adalah membangun sebuah tempat yang akan digunakan sebagai tempat untuk menjual aksesoris – aksesoris tersebut. Tempat untuk menjual aksesoris ini akan dibangun di sebuah tanah yang luasnya 15 x 15 m. Ukuran bangunannya itu sendiri kira – kira sekitar 14 x 12 x 4 m, yang terbagi ke dalam 3 bagian ruangan. Dengan rincian tempat sebagai berikut :

Ruangan pertama    : tempat menjual aksesoris

Ruangan kedua       : kantor

Ruangan ketiga       : tempat memproduksi aksesoris dan tempat penyimpanan

  1. 4.      Mesin dan Peralatan

Karena dalam memproduksi aksesoris itu masih menggunakan cara manual, yaitu dengan menggunakn tangan, sehingga tidak diperlukan mesin – mesin produksi yang lainnya. Yang diperlukan hanyalah peralatan untuk merangkai semua bahan – bahan untuk memproduksi aksesoris – aksesoris yang akan dijual.

  1. 5.      Proses Produksi

Mote/batu alam

Pengelompokan

 

 

 

 

Penyusunan

 

 

 

 

 

Pembentukan model

 

 

 

 

 

Proses akhir

Pemasaran

 

 

 

 

 

  1. 6.      Kapasitas Produksi

Barang aksesoris yang dapat dihasilkan setiap harinya itu kira – kira sekitar 125 buah aksesoris. Dengan rincian sebagai berikut :

  1. Anting  : 40 buah
  2. Gelang  : 30 buah
  3. Kalung : 25 buah
  4. Bros     : 30 buah

Tapi banyaknya barang yang diproduksi itu tergantung pada ketersediaan bahan – bahan dan juga kapasitas pekerja.

  1. 7.      Bahan Baku dan Bahan Penolong

Bahan – bahan yang diperlukan untuk dapat memproduksi aksesoris itu terdiri dari bahanbakudan bahan penolong. Yang mana bahan – bahan tersebut sangat banyak sekali macamnya, dengan rincian sebagai berikut :

  1. Bahan Baku                  :
  • Mote
  • Manik – manik
  • Batu alam
  • Senar
  • Rantai
  • Kaitan
  • Tali
  1. Bahan Penolong            :
  • Stopper
  • Tang
  • Gunting
  • Lilin
  • Korek api

 

 

  1. 8.      Tenaga Kerja

Tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha ini kira – kira sekitar 12 orang, sebagai berikut :

  1. Manajer
  2. Bagian pelayan toko
  3. Bagian kasir
  4. Bagian produksi
  5. Bagian promosi
  6. Bagian keuangan
  7. Bagian kebersihan

Tenaga kerja tersebut akan ditempatkan pada posisi yang sesuai dengan kemampuan yang mereka miliki. Dengan jam kerja kira – kira sekitar 11 jam setiap harinya mulai dari jam 10.00 – jam 21.00 wib. Dan jam kerja ini berlaku untuk semua tenaga kerja.

 

  1. C.     Aspek Pemasaran
    1. 1.      Peluang pasar

Peluang pasar sampai saat ini masih terbuka luas. Hal ini dikarenakan banyak orang yang menyukai aksesoris – aksesoris yang lucu, unik dan bervariasi. Selain itu juga karena banyak orang yang ingin tampil dan terlihat cantik dengan aksesoris yang dipakai. Dan juga aksesoris itu menggunakan bahanbakuyang mudah di dapat dan diperoleh dengan harga yang relative terjangkau. Disamping itu, belum ada toko yang menjual aksesoris di daerah ini.

  1. 2.      Daerah Pemasaran

Selanjutnya hasil produksi dari berbagai macam aksesoris ini akan dipasarkan di daerah sekitar – sekitar kampus dan daerah sekitar toko tersebut. Selain daerah kmpus dan daerah sekitar toko, aksesoris ini juga akan dipasarkan di kost – kost mahasiswa.

 

 

  1. 3.      Harga Penjualan

Aksesoris – aksesoris ini akan di jual dengan harga yang relative terjangkau untuk kalangan mahasiwa di sekitar kampus. Harga yang ditawarkan pun sebanding dengan kualitas barang yang di jual. Rincian harganya sebagai berikut :

  1. Anting              : Rp 2.000 sampai Rp 5.000
  2. Gelang              : Rp 4.000 sampai Rp 10.000
  3. Kalung             : Rp 5.000 sampai Rp 30.000
  4. Bros                 : Rp 1.000 sampai Rp 15.000
  5. Aksesoris lain   : Rp 1.000 sampai Rp 20.000
  6. 4.      Masa hidup Produk

Produk – produk aksesoris yang dihasilkan ini merupakan suatu produk yang pada dasarnya bisa bertahan lama dan bisa awet dan tidak cepat rusak. Tapi kuat dan tahan lamanya suatu barang itu tergantung juga pada bagaimana cara merawat dan menjaga barang tersebut agr tetap bisa bertahan lama. Sehingga pemilik aksesoris juga harus menjaga kondisi barang agar tetap awet dan tahan lama.

  1. 5.      Persaingan dan Strategi Bersaing

Dikarenakan belum ada toko – toko lain yang juga menjual aksesoris disekitar daerah kampus, sehingga belum ada persaingan dagang yang berarti antar masing – masing pengusaha yang ada. Oleh karena itu, untuk saat ini masih bisa membuka bisnis baru dan berjualan dengan sedikit santai karena belum ada saingannya.

Tapi untuk mengatasi bila ada pesaing dalam berdagang, dapat dilakukan dengan cara memberikan potongan harga barang tapi dengan tetap mempertahankan kualitas barang yang dijual. Hal ini dimaksudkan agar konsumen tetap tertarik dengan barang kita jual dan tidak berpindah ke tempat lain. Selain itu bisa juga dengan melakukan promosi – promosi yang dapat menarik pembeli, seperti beli dua gratis satu. Disam ping itu juga bisa dengan memberlakukan kupon berhadiah.

  1. 6.      Ukuran Pasar dan Pertumbuhannya

Ukuran dan pertumbuhan pasar itu sendiri dapat diketahui dari hasil penjualan dari barang – barang aksesoris yang ada di toko.  Bila penjualan barang aksesorisnya cukup tinggi sehingga ukuran dan pertumbuhan pasarnya cukup potensial. Sehingga usaha tersebut dapat berkembang dengan baik dan dapat diterima dengan baik oleh peminatnya.

  1. 7.      Pangsa Pasar

Pangsa pasarnya juga cukup potensial, hal ini dikarenakan banyaknya permintaan akan barang – barang aksesoris yang dijual. Sehingga untuk bisa memenuhi permintaan akan barang tersebut, produksi barang pun juga ditingkatkan untuk bisa memenuhinya.

 

  1. D.    Aspek Manajemen
    1. 1.      Kepemilikan

Usaha atau bisnis baru yang dibuka ini berupa toko aksesoris yang didirikan atas inisiatif sendiri. Sehingga kepemilikikan usaha tersebut merupakan kepemilikan milik pribadi atau perseorangan. Sehingga usaha ini dijalankan dengan kepemimpinan sendiri.

Banyak sekali keuntungan yang dapat diperolah dengan mendirikan usaha baru ini, antara lain :

  1. Membuka lapangan pekerjaan baru
  2. Investasi pribadi
  3. Mendatangkan keuntungan financial
  4. Investasi untuk masa depan

Kerugian yang bisa ditemui, antara lain :

  1. Mengalami kegagalan dalam membangun usaha
  2. Kurang bisa diterima oleh masyarakat
  3. Mengalami kerugian

Dengan mempertimbangan dari segi keuntungan dan kerugian dalam mendirikan suatu usaha baru tersebut, kemudian diputuskan usaha yang didirikan tersebut adalah sebuah toko yang menjual segala macam aksesoris untuk perempuan, baik untuk anak kecil, remaja maupun untuk orang dewasa.

  1. 2.      Struktur Organisasi

Struktur organisasi di dalam bisnis ini terdiri dari :

  1. Pemilik             : 1 orang
  2. Manajer                       : 1 orang
  3. Bagian pemasaran         : 1 orang
  4. Bagian pelayan toko     : 2 orang
  5. Bagian kasir                  : 1 orang
  6. Bagian produksi            : 4 orang
  7. Bagian keuangan           : 1 orang
  8. Bagian kebersihan         : 1 orang

Berdasarkan struktur organisasi tersebut, para pekerja ditempat sesuai dengan kemampuan dan kualifikasi yang dimiliki. Dan mereka bekerja sesuai dengan bagian – bagiannya masing – masing.

  1. 3.      Tim Manajemen

Karena usaha atau bisnis baru ini dijalankan  sendiri tanpa melibatkan atau bekerja sama dengan orang lain, sehingga untuk memanajemen usahanya tersebut dapat dilakukannya sendiri, yaitu oleh pemilik usaha baru tersebut sendiri dan bekerja sama dengan manajer.

 

  1. E.     Aspek Keuangan
    1. 1.      Kebutuhan Dana

Dana sangat diperlukan untuk membangun usaha baru ini, terutama untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan – kebutuhan yang diperlukan.

  1. Biaya Investasi
  • Bangun toko           : Rp 15.000.000
  • Etalase                   : Rp   2.000.000
  • Rak                        : Rp      500.000
  • Mesin kasir : Rp   2.000.000
  • Computer               : Rp   4.000.000
  • Meja                      : Rp      800.000
  • Kursi                      : Rp     200.000
  • Almari                    : Rp     400.000
  • Mote                      : Rp     200.000
  • Batu alam               : Rp     200.000
  • Rantai                     : Rp     150.000
  • Kaitan                    : Rp       50.000
  • Senar                     : Rp       25.000
  • Stopper                  : Rp       50.000
  • Tang                       : Rp     100.000
  • Gunting                   : Rp       50.000
  • Tali             : Rp       25.000

Total biaya investasi yang akan dilakukan adalah sebesar Rp 25.750.000,00 yang mana investasi ini akan dilakukan pada tahun ini.

  1. Biaya Produksi
  • Biaya Produksi Variabel

Biaya produksi variabel merupakan biaya yang terjadi yang terpengaruh langsung dengan jumlah produk yang di produksi, yaitu pengadaan bahanbaku, upah tenaga kerja, biaya packing. Dengan rincian biaya sebagai berikut :

–         Biaya bahanbaku                                 Rp 10.000.000,00

–         Upah tenaga kerja                                Rp   6.000.000,00

–         Biaya packing                                       Rp   1.000.000,00 +

Total biaya variabel satu tahun                     Rp 17.000.000,00

Biaya variabel per bulan                              Rp    1.416.666,67

 

  • Biaya Produksi Tetap

Biaya produksi tetap adalah biaya yang terjadi tanpa terpengaruh dengan jumlah yang diproduksi yaitu biaya listrik, biaya telepon, biaya pemeliharaan, biaya lain – lain. Dengan rincian biaya sebagai berikut :

–         Biaya Listrik                                         Rp  2.000.000,00

–         Biaya Telepon                                      Rp  1.500.000,00

–         Biaya Pemeliharaan                               Rp  2.000.000,00

–         Biaya Lain – lain                                   Rp  1.000.000,00 +

Total biaya tetap satu tahun                   Rp  6.500.000,00

Biaya tetap per bulan                            Rp     541.666,67

Tabel kebutuhan modal kerja :

Uraian Modal Kerja (1 Bulan) Modal Kerja (3 Bulan)
Biaya Produksi Variabel Rp 1.416.666,67 Rp 4.250.000,01
Biaya Produksi Tetap Rp   541.666,67 Rp 1.625.000.01
Total Modal Kerja Rp 1.958.333,34 Rp 5.875.000.02

 

  1. 2.      Sumber Dana

Merintis usaha ini membutuhkan modal yang besar. Dan untuk memenuhi kebutuhan modal yang cukup besar ini diperoleh melalui modal pribadi dan kemungkinan melakukan pinjaman modal kepada instansi tertentu. Rincian biaya dan modal dapat digambarkan seperti berikut ini :

Uraian Kebutuhan Modal Modal Pribadi Modal Pinjaman
Biaya Investasi Rp 25.750.000
Biaya Modal Kerja Rp   5.875.000
Total Biaya Usaha Rp 31.625.000 Rp 25.000.000 Rp 10.000.000
  1. 3.      Pendapatan Usaha

Pendapatan yang didapat dari usaha toko aksesoris ini berasal dari penjualan produk – produk aksesoris, yang diperkirakan pendapatan dalam satu bulan itu sebagai berikut ;

  1. Pendapatan masuk

–         Pendapatan 1 hari                     Rp      200.000

–         Pendapatan 1 bulan                  Rp   6.000.000

–         Pendapatan 1 tahun                  Rp 72.000.000

Total pendapatan kotor I th       Rp 72.000.000

  1. Pengeluaran

–         Gaji karyawan                          Rp   6.000.000

–         Biaya bahanbaku                     Rp 10.000.000

–         Biaya Packing                           Rp   1.000.000

–         Biaya Listrik                             Rp   2.000.000

–         Biaya Telepon                          Rp   3.000.000

–         Biaya Pemeliharaan                   Rp   4.000.000

–         Biaya Lain – lain                       Rp  10.000.000

–         Dana Simpanan                        Rp    5.000.000

Total pengeluaran 1 th   Rp  41.000.000

v     Total pendapatan yang diperoleh dalam 1 tahun di dapat dari :

Pendapatan bersih 1 th= pendapatan masuk – pengeluaran

= Rp 72.000.000 – Rp 41.000.000

= Rp 31.000.000

v     Sehingga pendapatan bersih yang dapat diperoleh setiap bulannya itu kira – kira Rp 2.583.333,33.

 

BAB IV

PENUTUP

 

 

  1. 1.      Kesimpulan
    1. Merintis usaha baru dengan membuka toko aksesoris merupakan suatu usaha yang memiliki peluang yang masih terbuka luas, hal ini dikarenakan belum ada pesaing dalam penjualan aksesoris.
    2. Aksesoris yang dijual itu ada aksesoris utama dan aksesoris pendukung. Aksesoris utama itu seperti anting, gelang, kalung, dan bros. sedangkan aksesoris pendukung itu seperti bando, jepit rambut, slayer dan yang lainnya.
    3. Aksesoris yang di jual itu merupakan aksesoris yang lucu, unik dan memiliki model yang bagus, karena aksesoris ini dibuat sendiri dengan tangan – tangan kreatif pembuatnya. Selain itu, harga aksesoris tersebut juga relatif terjangkau.
    4. 2.      Saran

Berdasarkan penjelasan – penjelasan yang telah yang disebutkan di atas, maka diharapkan pihak bank dapat memberikan pinjaman modal dalam merintis usaha baru ini. Hal ini dikarenakan usaha baru ini merupakan suatu usaha yang memiliki peluang cukup besar untuk bisa diterima dan diminati semua orang. Sehingga dengan begitu, usaha ini dapat berkembang dengan baik.

Demikian proposal ini kami buat dengan harapan bahwa semua yang dilakukan ini dapat bermanfaat dan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Sehingga usaha ini dapat berkembang.

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s