PENGARUH RASIO CAMEL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

 

PENGARUH RASIO CAMEL TERHADAP 

KINERJA KEUANGAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR 

DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

 

 

  1. Latar Belakang Masalah

Bank sebagai lembaga keuangan memiliki peranan penting dalam perekonomian dan berfungsi sebagai perantara (financial intermediary) antara pihak yang kelebihan dana (surplus unit) dengan pihak yang sangat memerlukan dana (defisit unit). Bank diharapkan mampu memobilisasi dana tabungan masyarakat dalam rangka mengembangkan industri perbankan di Indonesia. Bank-bank yang ada di Indonesia tidak semua dapat dikatakan sehat, khususnya di bidang permodalan. Peranan modal sangat penting dalam usaha perbankan.

Kegiatan operasional bank dapat berjalan dengan lancar apabila bank tersebut memiliki modal yang cukup sehingga pada saat-saat kritis, bank tetap dalam posisi aman karena memiliki cadangan modal di Bank Indonesia. Untuk  menilai  kinerja  perusahaan  perbankan  umumnya  digunakan  lima  aspek penilaian, yaitu : 1) capital; 2) assets; 3) management; 4) earnings; 5) liquidity yang biasa disebut CAMEL. Aspek-aspek tersebut menggunakan rasio keuangan. Hal ini menunjukan bahwa rasio  keuangan dapat digunakan untuk menilai  tingkat kesehatan bank. The Statement of Financial Accounting Concept (SFAC) No. 1 yang dikeluarkan oleh Financial Accounting Standard Board (FASB) memberikan indikasi pada profesi akuntansi bahwa pelaporan keuangan harus mempunyai manfaat  dalam rangka membantu pengguna untuk membuat keputusan.

  1. Pokok Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya, maka penulis

rumuskan masalah sebagai berikut : ’’apakah rasio CAR, NPL, ROA, ROE, NIM, BOPO, dan LDR memilik pengaruh terhadap kinerja keuangan perbankan yang terdaftar di BEI secara parsial’’.

  1. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : ’’untuk mengetahui pengaruh rasio CAR, NPL, ROA,  ROE, NIM, BOPO dan LDR secara parsial terhadap kinerja perbankan  yang terdaftar di BEI’’.

  1. Landasan Teori

Menurut Halsey,dkk (2005:3) analisis laporan keuangan adalah aplikasi dari alat dan teknik analitis untuk laporan keuangan bertujuan umum dan data-data yang berkaitan untuk menghasilkan estimasi dan kesimpulan yang bermanfaat dalam analisis bisnis. Laporan keuangan ini penting karena melalui informasi laporan keuangan, kita bisa melihat sejauh mana perkembangan yang telah terjadi dalam suatu perusahaan dan juga berdasar informasi tersebut kita nantinya bisa menyusun langkah–langkah apa saja yang perlu dilakukan untuk memperbaiki kinerja perusahaan. Kinerja dalam penelitian ini diukur dengan besarnya  Return on Assets. Rasio-rasio keuangan  yang akan digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan dalam penelitian ini terbatas pada aspek permodalan, kualitas aktiva produktif, manajemen,  earning (rentabilitas) dan likuiditas. Analisa rasio CAMEL yaitu suatu  analisis keuangan bank dan alat pengukuran kinerja bank yang ditetapkan oleh Bank Indonesia untuk mengetahui tentang tingkat kesehatan bank yang bersangkutan dari berbagai aspek yang berpengaruh terhadap kondisi dan perkembangan suatu bank dengan menilai faktor-faktor penilaian tingkat kesehatan bank (Kasmir, 1999:52).

  1. Metodologi Penelitian          
  1. Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah study kausal, sebab tujuan penelitian berusaha menjelaskan hubungan sebab akibat dalam bentuk pengaruh antara variabel melalui pengujian hipotesis.

  1. Populasi, Sampel dan Metode Pengambilan Sampel

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perbankan yang terdaftar  (listed) di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007 sampai dengan 2009. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan tujuan untuk mendapatkan sampel yang representatif sesuai dengan kriteria yang ditentukan.

  1. Data dan Sumber Data

Jenis data yang digunakan adalah data dokumenter sekunder yang memuat transaksi historis keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI.  Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari Indonesian Capital Market Directory (ICMD).

 

 

 

 

  1. Metode Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi ini digunakan untuk mengetahui data rasio CAMEL yang dapat dilihat dari laporan keuangan perusahaan perbankan yang terdaftar di BEI.

  1. Variabel Penelitian

Variabel penelitian ini dapat dikelompokan sebagai berikut: (1)variabel terikat (dependent variable): Rasio CAMEL,(2) Variabel bebas (independent variable): kinerja keuangan.

  1. Metode Analisis Data

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah:

a)      Analisis Asumsi klasik

b)      Analisis Regresi Berganda

c)      Uji T

d)      Uji F

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

Hamonangan, Reynaldo dan Hasan Sakti Siregar, 2009.  Pengaruh Capital Adequancy Ratio, Debt to Equity Ratio, Non Performing Loan, Operating Ratio dan Loan to Deposit Ratio etrhadap Return On Equity (ROE) Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,  Jurnal Akuntansi 13, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Dr. Ir. E. Susi Suhendra, MS, Sri Pujiyanti , 2005. Analisis kinerja keuangan mengenai Tingkat kesehatan bank dengan Menggunakan metode camel ”(studi kasus Pada pt. Bank negaraindonesia(persero) Tbk dan  pt. Bank bukopin tbk periode 2006-2008). Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 7, No. 2, Nopember, Universitas Gunadarma.

Merkusiwati, Ni Ketut Lely Aryani, 2007. Evaluasi pengaruh camel  Terhadap kinerja perusahaan. Buletin Studi Ekonomi Volume 12 Nomor 1. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi, Universitas Udayana, Denpasar.

Herdiningtyas, Winny, s.e. dan luciana spica almilia, s.e., m.si. 2005. Analisis rasio camel terhadap prediksi kondisi Bermasalah  pada lembaga perbankan  Perioda 2000 – 2002. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol 7, No. 2, Nopember Stie perbanasSurabaya.

Siregar, Sylvia Veronica dan Zahara. Pengaruh Rasio Camel Terhadap Praktik Manajemen Laba Di Bank Syariah. Simposium Nasional Akuntansi Xl Pontianak.

 

 

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s